Berita Utama

KKN UNWIKU 2019

Dilihat : 369 Kali, Updated: Sabtu, 02 Maret 2019
KKN UNWIKU 2019

KELOMPOK XII DESA SIRAU

 

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan mata kuliah intra kurikuler yang diselenggarakan oleh akademik di seluruh perguruan tinggi yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa dengan tujuan meningkatan kemampuan dan wawasan mahasiswa sebagai bekal hidup di masyarakat setelah lulus studi.

Pada dasarnya Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk pengabdian nyata seorang mahasiswa kepada masyarakat yang sebenarnya. Setelah mendapatkan materi perkuliahan yang senantiasanya dapat berguna didalam lingkungan masyarakat itu sendiri.

Dalam kegiatan pengabdiannya pada masyarakat, mahasiswa memberikan pengalaman ilmu pengetahuan, teknologi dan seni untuk memberikan pengarahan agar dapat memecahkan masalah dan menanggulanginya secara tepat. Selain itu, pembenahan sarana dan prasarana merupakan kegiatan yang dilakukan serta menjadi program kerja bagi mahasiswa. Dengan kata lain, melalui KKN ini, mahasiswa membantu pembangunan dalam masyarakat.

Dalam meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat kinerja yang harus diupayakan secara berkesinambungan, yaitu dengan menerapkan berbagai model dan corak pembangunan. Oleh karena itu, baik secara kelompok maupun individual, dalam KKN ini sudah pasti mahasiswa mengamati dengan cermat apa yang menjadi permasalahan dan potensi yang dimiliki masyarakat dengan melakukan penelitian pada setiap sektor kehidupan bermasyarakat.

Terletak di Jawa Tengah, Kabupaten Banyumas, Kecamatan Kemranjen, khususnya di Desa Sirau.

 

STRUKTUR ORGANISASI TIM KKN 2019

KELOMPOK XII

 

 

Pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Wiajayakusuma Purwokerto di Desa Sirau Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas dimulai sejak tanggal 1 Februari 2019 sampai dengan 6 Maret 2019. Kegiatan KKN tematik dengan tema “Peningkatan Pelayanan Masyarakat Melalui Web Services” ini mencakup 2 program kerja utama yaitu Web Services, dan Pengelolaan Sampah.

 

A. Uraian Pelaksanaan Program Kerja

 

1. Program Utama

 

a. Web Services.

 

     Berdasarkan dari hasil survey yang didapat di desa Sirau memiliki permasalahan fisik dan non fisik seperti Pengelolaan WEB SERVICE yang kurang maksimal dan tidak adanya pengurus yang fokus untuk mengoperasikan website di desa tersebut, kalaupun ada ialah Sekretaris Desa tetapi beliau tidak memiliki cukup waktu untuk mempelajari dan mengoperasikan web desa secara maksimal. Berikut kegiatan kami dan Karang Taruna Desa Sirau pada saat pelaksanaan program kerja Web Services :

 

 

 

b. Pengelolaan Sampah.

 

Berdasarkan dari hasil survey yang didapat di desa Sirau memiliki permasalahan fisik dan non fisik seperti tidak adanya pengelolaan sampah dan kurannya kesadaran masyarakat dalam memanfaatkan sampah potensi. Berikut kegiatan kami dan Ibu-Ibu PKK dalam program kerja pengelolaan sampah :

 

 

 

2. Program Tambahan.

 

a. Sosialisasi tentang bahaya seks bebas dan narkoba bagi remaja.

 

Berdasarkan dari hasil survey yang didapat di desa Sirau memiliki non fisik seperti kurangnya pengetahuan murid sekolah SMP dan MTS di Desa Sirau tentang bahaya narkoba dan Seks Bebas. Berikut kegiatan kami dalam program kerja tambahan pada :

 

  • SMP MAARIF NU 1 KEMRANJEN

 

 

 

  • MTS Muhammadiyah Sirau

 

 

 

 

by : KKN UNWIKU 2019

KELOMPOK XII      

 

Related Posts

Komentar